Cari disini

16 Mei 2011

THE FASTEST FILE SPLITTER AND JOINER (FFSJ)

Bingung saat mau meng-copy file yang berukuran besar dari komputer orang lain, padahal flashdisk yang kita punya tidak mencukupi kapasitasnya..
nahh...kejadian ini pernah saya alami sendiri..saat ada temen pengen minta software game dari laptop saya..
saat itu dia pengen minta software Pro Evolution Soccer 2009 (PES 2009), ukuran dari file tersebut lumayan gede', sekitar 7GB, sedangan fashdisk yang ada cuma 2GB, mau beli flashdisk baru sayang duit, external hardisk kagak punya..
mikir2 sebentar sambil minum kopi..heheheh
akhirnya nemu solusi....yupp bener...saya teringat dilaptop ada aplikasi yang namanya FFSJ (the fastest file splitter and joiner).
jadi file yang tadinya 7GB tadi saya pecah menjadi 8 bagian, hasilnya setiap bagian memiliki besar file kira-kira 800MB, kemudian saya pindahin tiap 2 file ke laptop temen ane dengan flashdisk 2GB tadi sebanyak 4x, walopun agak repot dikit, tapi kan HEMAT...wkwkwkwk
setelah selesai pemindahan, saya gabungin lagi tuh file yang udah dipecah menjadi 1 file...baru deh diinstall
Pada awalnya, nih aplikasi kebanyakan cuma saya gunain untuk menggabungkan file (joiner) yang saya download dari mediafire, karena kebanyak file yang diupload ke mediafire maksimal 200MB sekali upload, jadi sang uploader memecah menjadi beberapa bagian file tersebut, dan untuk membedakan file yang dipecah atau tidak, bisa dilihat dari nama extensi file tersebut yang memiliki akhiran ".001" (tanpa tanda kutip) sampai seterusnya atau ada juga yang memiliki akhiran ".__a"sampai seterusnya, 
misalnya file jika dipecah menjadi 4 bagian, 
contoh, anda punya file film Fastfive dengan format AVI yang dipecah, maka nama file yang terpecah tersebut akan memiliki nama"Fastfive.avi.001", "Fastfive.avi.002", "Fastfive.avi.003", "Fastfive.avi.004

Jadi sekarang terserah anda, mau dipakai mecahin file yang gede' atau gabungin file yang anda download.
yang penting tidak anda gunakan untuk mecahin kaca-kaca dirumah...heheheh

Berikut saya kasih sedikit cara pemakian dari aplikasi ini....

gambar tampilan splitting
klik gambar untuk memperbesar

Keterangan untuk splitting

1. Tab splitting ( klik tab ini kalo mau memecah file menjadi beberapa bagian )
2. Icon browse source file ( klik icon ini untuk memilih file yang akan displit )
3. Icon output directory ( ini fungsinya untuk memilih tempat file yang selesai displit, kalo directory default  biasanya akan terpilih otomatis ke source file yang dipilih pada fungsi no.2 tadi)
4. Split into ( ini fungsinya untuk memecah file jadi beberapa bagian terserah kita sesuaikan saja dengan kebutuhan )
5. Delete source file after splitting ( nah ini fungsinya, apakah kita mau menghapus file asli setelah proses split selesai secara otomatis, kalo saya biasanya tidak saya ceklist untuk jaga2 mana tau proses split error..heheh )
6. Split icon ( ini tombol eksekusinya, klik tombol ini, tunggu beberapa saat sampai proses selesai, kemudian cek ke folder dimana ada menyimpan file tersebut)


gambar bagian joining
klik gambar untuk memperbesar


Keterangan untuk joining
  1. Tab Joining ( klik tab ini kalo mau gabungin file/joining file )
  2. First split part ( klik untuk browse file yang akan di gabungin, cari file yang memiliki akhiran ".001" atau ".__a", dalam kata lain bagian pertama dari hasil split )
  3. Output file ( sama seperti output directory, baca aja keterangan no.3 bagian spliting...heheheh )
  4. Ini pilihan untuk hasil dari proses joining, apakah hasil joining mau dibuat di folder berbeda dari file sumber atau sama, kemudian pilihan untuk menghapus file asli setelah selesai proses joining )
  5. Join ( klik untuk melakukan eksekusi file, tunggu beberapa saat sampai proses selesai )
  untuk softwarenya download 
ini FFSJ v3.3 cuma 396kb doank...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar